top of page
Search
  • muhammadaddul54

Strategi Perusahaan untuk Menghasilkan Awareness



Untuk kebutuhan customer relationship perusahaan dapat melakukan: (a) awarness – beberapa strategi yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan awareness bagi konsumen lama maupun calon konsumen melalui dua cara, yaitu offline – dilakukan dengan mencantumkan alamat situs web perusahaan pada Company Profile maupun kartu nama yang diberikan pada para pelanggan maupun melalui telepon serta melalui penjelasan langsung oleh staf pemasaran pada saat tender berlangsung dan secara online – pemberian alamat situs web yang singkat. Domain alamat email yang telah digunakan perusahaan adalah www.ptugbdn.co.id, sehingga alamat tersebut dapat langsung digunakan oleh perusahaan. Digunakannya www.ptugbdn.co.id sebagai nama dari alamat web perusahaan karena lebih dikenal oleh pelanggan lama perusahaan serta untuk pelanggan baru perusahaan akan lebih mudah mengingat sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi pelanggan. Selain itu, mendaftarkan situs web pada search engine seperti www.google.com yang berguna bagi perusahaan untuk memperkenalkan situs web-nya kepada online users yang ada diseluruh dunia dan Indonesia pada khususnya, mengingat kebanyakan pengguna internet akan menggunakan search engine untuk mencari informasi yang dibutuhkan; (b) exploration – perusahaan mendorong eksplorasi dari situs web dengan tidak mengharuskan pengunjung untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menjelajahi situs web. Pengunjung dapat melihat-lihat koleksi foto-foto project yang telah dilakukan perusahaan melalui menu “Gallery”, berita terbaru maupun event yang akan diadakan perusahaan melalui menu “Info Terkini”. Selain itu apabila pengunjung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perusahaan serta kegiatannya, maka dapat menggunakan menu “Kontak”; (c) commitment – perusahaan dapat memupuk kesetiaan pelanggan untuk jangka waktu yang panjang dengan memberikan pelayanan yang terbaik dimulai dengan proyek yang berkualitas dan kinerja staf yang ramah, handal, tangkas, efektif serta efisien dalam menjalankan proyek. Oleh karena itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membantu mempromosikan perusahaan secara digital.


Perusahaan dapat meningkatkan komitmen pelanggan dengan memperbanyak frekuensi interaksi dengan pelanggan. Dengan adanya situs web, pelanggan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk mengakses situs web untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai perusahaan kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu e-marketing merupakan kunci dalam memberikan kepuasan pada rekanan, calon klien maupun perusahaan ataupun individu. E-marketing yang available setiap saat sehingga mudah diakses, reliable, dan up-to-date juga dapat menjadi cara penting dalam meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan pelayanan yang cepat dan sederhana; (d) dissolution – dapat terjadi ketika salah satu atau kedua belah pihak ingin memutuskan hubungan. Pemutusan hubungan tersebut dapat dikarenakan oleh layanan yang tidak memuaskan dari perusahaan, pelanggan merasa bosan atau tidak merasa cocok dengan penawaran-penawaran yang diberikan, pelanggan lebih tertarik untuk beralih ke perusahaan lain atau aturan-aturan yang sudah dibuat perusahaan dilanggar oleh pelanggan. Untuk menghindari terjadi dissolution, perusahaan selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada setiap pelanggannya, memberikan aturan-aturan yang ditetapkan dan diinformasikan secara jelas kepada para pelanggannya dan memberikan inovasi baru yang menarik untuk menarik minat pelanggan.


Sedangkan untuk kebutuhan internet marketing mix, perusahaan merancang program pemasaran yang dibagi menjadi enam elemen yaitu: produk, harga, komunikasi, komunitas, distribusi dan branding. Produk awareness, produk yang ditawarkan berdasarkan segmen produk (design & build, development). Produk exploration menyediakan interface yang user friendly. Produk commitment mengajukan permintaan online (upload and ask), telepon atau datang langsung. Catatan jadwal pertemuan, pembuatan jadwal dan perubahan jadwal (make/view/change schedule). Produk dissolution – anggota tidak aktif dalam penjelajahan situs karena minat yang kurang terhadap penawaran perusahaan. Harga awareness – harga yang ditawarkan bersifat customizable yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki pelanggan serta desain yang diinginkan pelanggan. Schedule – Contact Us dan Upload and Ask untuk langsung menanyakan harga yang diinginkan atas sebuah desain tertentu. Harga exploration – customizable berdasarkan harga yang sesuai dengan anggaran ataupun sesuai dengan desain yang diinginkan oleh pelanggan dengan fasilitas upload and ask. Harga commitment – harga yang beragam dan bersaing sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pelanggan tanpa mengurangi kualitas desain. Harga dissolution – harga kalah bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang sama. Komunikasi awarenes – search engine melalui Google,Yahoo, dsb. Komunikasi exploration – fitur Kontak dan Upload and Ask, dan mengajak pelanggan untuk turut serta memperkenalkan PT. UGBDN dengan fasilitas tell friends. Komunikasi commitment menanggapi semua pertanyaan, keluhan maupun saran dan kritik dan menyediakan pembuatan jadwal secara online khusus member. Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan digital agency yang menawarkan jasa pembuatan company profile untuk membuatkan websitenya.

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page